Friday, October 21, 2016



1 HOUR PROJECT : HP CASE


Waktu pertama bikin case ini memang diniatkan sebagai tempat hp saya. Tapi ternyata cukup juga untuk tempat alfalink yang didapat mas suami waktu ikut seminar. Ya sudahlah si hp ngalah dulu pakai case yang lama saja. Maksudnya biar alfalink ini awet aja, aman dari bantingan mas kecil dan tentu saja tampilannya lebih cantik juga. Soalnya alfalink ini lumayan sering saya pakai waktu baca komik online. Hahaha.. Tapi tentu saja case ini fleksibel buat apa saja, mau itu tempat hp, pocket camera, kotak pensil, dibuat agak besar jadi laptop case, atau tempat kosmetik juga bisa. Just play with your imagination. Maka dari itu sengaja tidak saya sertakan ukuran-ukurannya karena bisa dibuat sesuai selera saja ya..

Oke,let start..

Pertama tama siapkan bahannya:
  • Kain dengan ukuran menyesuaikan besarnya project yang akan dibuat. Saya sendiri menggunakan kain perca sisa menjahit travel bag. Untuk case dengan ukuran 9x15x2 saya hanya membutuhkan kain kurang dari 1 meter untuk bagian luar case dan bagian dalamnya.
  • Busa ati. Saya menggunakan busa ati atau kalau di toko langganan saya disebutnya busa jilbab. Tapi sebetulnya ingin juga sih mencoba menjahit tas menggunakan bahan pelapis impor yang harganya lumayan itu. Next deh kalau ada rejeki,hehehehe..
  • Kain viselin. Karena saya menggunakan kain katun yang lumayan tipis, saya merasa perlu menstabilkannya dengan kain vislin. Kalau kain yang digunakan sudah kaku,tidak perlu menggunakan kain vislin lagi. Sesuai selera saja.
  • Bahan perekat velcro. Atau bisa juga memakai magnetic snap.
  • Benang.

Nah, kalau alatnya standart saja ya, seperti mesin jahit (kalau tidak ada jahit tangan pun oke),gunting,penggaris.


How To :


  •      Buat pola sesuai ukuran yang diinginkan. Disini saya buat ukurannya 9x15x2 cm dan penutupnya 5x9 cm. Kecil banget ya huruf di gambarnya. Next saya benerin deh. Maklum masih belajaran. Banyak bingungnya di sana sini. Hahahaha.. 
  •     Potong kain seukuran pola tersebut. Karena saya menggunakan kain kombinasi untuk bagian tutupnya maka kain dipotong seukuran kira-kira cukup untuk badan case saja.
  •      Jahit kain kombinasi untuk tutup.
  •      Setrika kain vislin agar menempel pada kain dan gambar pola pada kain.




  •    Tumpuk kain dengan posisi kain bagus di dalam. Jahit sesuai pola yang sudah digambar tapi jangan lupa memberi lubang untuk membalik kain.


  •      Setelah dibalik jadinya kira-kira seperti ini.
  •      Masukkan busa ati yang dipotong sesuai pola dengan dikurangi kira-kira 0.5 cm agar tidak ‘bulky’. Rapikan. Untuk proses ini fotonya lupa diambil, maaphken..




  •       Jahit sembunyi bagian lubang ini. Setrika agar rapi.


  •      Tindas di bagian yang akan dilipat untuk memudahkan saat melipat. Saya jahit pakai mesin jahit, tapi dijahit pakai tusuk jelujur buat aksen cantik juga lho..



  •    Saatnya melipat dan menjahit badan case dngan tusuk sembunyi. Bisa diulang beberapa kali agar jahitan kuat.


  •      Jahit tangan velcro. Inipun bisa diulang beberapa kali agar kuat. Sebenarnya si velcro ini bisa dijahit pake mesin di step ke-2, tapi saya lupa jadi ya sutra lahh dijahit pake tangan saja.

  • Sebagai pemanis saya tambahkan gambar doraemon ini. Agak tidak kelihatan ya,hehehe. Cara pasangnya mudah saja. Lubangi dengan pendedel di tempat yang diinginkan, pasang, trus kencangnya bagian belakang dengan cara dipukul pakai palu. Entah benar atau tidak cara saya ini tapi yang jelas si doraemon terpasang dengan kuat di tempatnya kok..


Selesai..

Tidak susah kan, tidak banyak makan waktu juga. Selain itu cocok lah untuk memberdayakan kain perca yang menumpuk. Mudah-mudahan cukup jelas dan bisa dipahami. Maklum tutorial pertama. Kalau ada yang tidak jelas, jangan sungkan ninggalin comment ya..



Happy crafting..








No comments:

Post a Comment