Monday, October 31, 2016

TUTORIAL 3 : TAS LAPTOP

TUTORIAL 3 : TAS LAPTOP



Laptop saya jatuh. Tepatnya dijatuhin anak saya. Untung saja “Cuma” tutup baterainya yang pecah dan cukup diselotip saja. Padahal baru beberapa hari yang lalu laptop ini ganti keyboard gara-gara sepertinya anak saya numpahin susunya disitu. Hiks.. Karena ini laptop kesayangan saya,satu-satunya soalnya, maka berinisiatiflah saya (meskipun telat) untuk melakukan tindakan preventif yaitu dibuatin tas. Lumayanlah barangkali jatuh masih ada empuk-empukannya dikit. Yah semoga  gak pernah jatuh lagi sih..

Bagi yang pingin bikin tas untuk melindungi laptopnya dan biar si laptop tambah keren, yuk, gampang ko..

Nah,kali ini saya buat tas laptop ukuran 7” yang dimensi tasnya 20x30x3cm. Kalau mau buat tas laptop dengan ukuran lain tinggal menyesuaikan saja ya.

Bahan :


  • Kain, disini saya gunakan 2 macam kain yang berbeda untuk bagian luar dan dalam tas. Apabila hanya memakai 1 jenis kain kira-kira dibutuhkan 1,5 m kain.
  • Elastis 2,5 cm sepanjang 0,5 m
  • Resleting kurang lebih 80 cm, karena saya menggunakan resleting meteran maka saya membutuhkan 2 kepala resleting. Untuk cara memasang kepala resleting bisa dilihat disini ya.
  • Bisban 4 cm sepanjang 1,5 m. Tapi untuk amannya dilebihin jadi 2 m ya..
  • Benang.
  • Untuk pelapis saya gunakan lagi-lagi saya gunakan busa ati, bisa juga pakai pelapis yang lain.
  • kain viselin.
  • Kain keras.
  • Renda untuk dekorasi tas. 

Tidak semua item ada di foto ya karena lagi-lagi saya lupa. Heheheee..

Untuk alat yang dibutuhkan adalah mesin jahit, jarum jahit, gunting dan penggaris.

Cara membuatnya :



Potong 2 lembar kain dengan ukuran 43x30 cm, yang satu untuk bagian luar tas, yang satunya lagi untuk bagian dalam tas. Tempel kain viselin.


Potong pola lingkaran dari kertas karton seperti pada gambar,tempel di kain dengan double tape, potong lingkaran didalamnya dengan masih menyisakan kampuh.




 Potong kampuh mengikuti bentuk lingkaran.


Lipat kampuh. Setrika agar bentuk tidak berubah.


 Buka kampuh dan lepaskan pola karton. Jahit jelujur dan setrika agar rapi.


 Tempel dan jahit sembunyi aplikasi sebagai hiasan. Untuk tutorial membuat aplikasi menyusul yaa.. 



 Tambah renda biar tambah manis.



 Tumpuk kain bagian luar tas, busa ati, dan kain bagian dalam tas. Karena saya menggunakan busa ati yang tidak ada lemnya maka saya jahit jelujur agar posisinya tidak berubah. Potong ke-4 ujung kain membentuk lengkung.



Jahit bagian tengah tas seperti pada gambar.


Sekarang kita buat handle tas. Potong kain keras ukuran 5x30 cm. Tempel pada kain dan potong dengan dilebihkan untuk kampuh.







Lipat kampuh dan jahit. Jahit bagian atasnya juga. Hasilnya kira-kira seprti pada gambar.


Jahit handle tas pada bagian atas dan bawah tas.


Potong elastis sepanjang 12,5 cm dan jahit pada ke-4 sisi tas.


Seperti ini hasilnya.


Jahit bisban mengelilingi tas.



Jahit sembunyi bagian belakangnya.


Jahit resleting secara manual dengan tangan dan rapikan.

Potong kain berukuran 5x5 cm, dan lipat seperti gambar.

Jahit pada bagian ujung resleting agar rapi.



Nah, kira-kira seperti ini hasilnya sebelum ditutup..


Dan ini setelah ditutup..

Jadi deh.. Gampang kan.. Tas laptop baru siap beraksi.. Yukk..






No comments:

Post a Comment