Wednesday, November 16, 2016

TUTORIAL 6 : ROUND SLING BAG



Entah kenapa, saat kemarin saya mengunjungi toko kain langganan saya, saya memungut beberapa meter kain strimin. Lebih tepatnya Cuma setengah meter sih, tapi dalam 3 warna. Nah, setelahnya kepikiran deh mau diapain kain ini mengingat pengalaman kristik saya Cuma sebatas bikin inisial nama di cosmetic pouch saya. Lagipula dengan kain yang Cuma setengah meter tentu mustahil bagi saya bikin lukisan pemandangan nan indah yang layak mejeng di dinding ruang tamu. Sepertinya saya juga gak mungkin telaten sih bikin karya seperti itu. Hahahaha..

Nah, berhubung saya sedang senang-senangnya bikin tas, ya sudahlah, saya bikin tas lagi saja. Kali ini saya buat bentuk lingkaran biar agak bervariasi. Untuk gambarnya saya nyontek pola dari sini.

Bahan dan alat yang diperlukan sama saja seperti project tas yang lain ya..

Langsung saja cara buatnya..


Mula-mula kita potong kain berbentuk lingkaran dengan ukuran sesuai selera. Untuk polanya saya pakai tutup biskuit. Ukur keliling lingkaran. Untuk kainnya sebelumnya sudah saya lapisi dengan kain vislin ya agar tidak berserabut. Nah, dari panjang keliling lingkaran itu kita bisa menentukan panjang kain yang dibutuhkan. Saya lebihi 3 cm untuk kampuh.


Potong kain untuk bagian luar dan bagian dalam tas dengan panjang sesuai keliling lingkaran ditambah 3 cm kampuh. Lapisi vislin.


Selanjutnya pasang resleting. Tumpuk bagian atas tas yang sudah dilapisi vislin dengan bagian dalam tas. Sisi baik saling berhadapan. Letakkan resleting di tengah-tengahnya. Jahit.


Jahit ujung yang satunya lagi dengan cara yang sama.


Setelah dibalik jadinya seperti ini.


Tambahkan batting agar kokoh. Karena saya pakainya busa ati ya harus saya jahit jelujur agar tidak geser.

Topstich kedua sisi tas yang dekat resleting.


Sekarang membuat bagian samping tas. Tumpuk kain bagian luar tas dengan batting dan kain bagian dalam tas.


Buat cantolan tas. Potong kain berukuran 7x10 cm. Lipat 2 kemudian lipat lagi kearah dalam. Topstitch.


Tambahkan handle hook, jahit pada bagian samping tas.


Pasang badan tas dengan bagian samping tas. Jahit.


Tutup jahitan dengan bisban.

Finish..




Mudah kan.. Selamat mencoba..

No comments:

Post a Comment