Thursday, November 17, 2016

TUTORIAL 7 : CROCHET CLUTCH





Dulunya, proyek rajutan saya selalu hanya berkisar antara bolero dan cardigan. Saya tidak pernah tertarik bikin rajutan selain baju. Tapi, karena keleletan saya, bahkan bolero super mungil pun butuh waktu cukup lama hingga tak jarang proyek terpaksa dihentikan karena jenuh. Pengalaman saya yang paling buruk adalah bikin baju bayi. Bayangkan, mulai dari saya hamil sampai sekarang anak saya sudah berumur hampir 3 tahun, tak sepotong baju pun jadi. Padahal karena itu proyek baju bayi, maka saya sengaja beli benang khusus yang bagi saya harganya lumayan. Alhasil, saya sembunyikanlah itu benang jauh-jauh agar saya tidak galau melihatnya teronggok tanpa bentuk. Hahahaa..

Sejak saya sukses bikin sandal rajut yang prosesnya super cepat dan menyenangkan, terbukalah mata saya bahwa banyak project crochet lain yang bisa saya buat dari. Karena saya lagi hot-hotnya bikin tas, saya cobalah bikin tas. Bikinnya yang mungil saja biar selesai sebelum jenuh melanda. Sebenarnya benang yang saya pakai ini niatnya saya pakai buat crochet boot seperti yang telah lama saya taksir di pinterest. Tapi kata mas suami warnanya bikin kaki saya yang sudah hitam dari sononya jadi tambah hitam. Berubah halauan lah saya ke proyek ini. Dan sekali lagi saya tidak menyesal saudara-saudara.  Warnanya cocok buat tas. Kesannya elegan gitu. Hehehe.. 


Karena saya belum pernah bikin tas dari rajutan, maka prosesnya saya kira-kira saja. Khususnya bagian lining. Bener gak sih begitu caranya. Next lah, saya pelajari lagi tapi untuk saat ini dengan cara ngawur saya hasilnya lumayan lah..



Cara yang saya pakai adalah cara yang biasa saya pakai untuk bikin tas dari kain biasa. Jadi, mula-mula saya buat rajutan dulu sebagai “kainnya”. Semoga diagram yang super gak jelas ini membantu ya saudara-saudara. Tapi kalau tidak, let me know. Akan saya buat lagi yang lebih "jelas".


Selanjutnya, saya jahit liningnya. Jahitnya cukup saya jahit tangan saja. Untuk liningnya saya lapisi batting agar “berbentuk”. Agar mudah saat melipat, saya jahit juga bagian yang nantinya akan saya lipat.



Pasang penutup tas. Untuk penutup tas yang saya pakai, cara memasangnya mudah. Cukup dipasang dengan skrup yang ada.


Pada bagian samping tas saya tambahkan cantolan.


Pasang bagian samping tas pada badan tas. Bisa dengan cara dijahit atau dirajut. Untuk mudahnya saya jahit saja.

Finish.. 

 Mudah kan, selamat mencoba..


No comments:

Post a Comment