Sunday, November 6, 2016


MAKEOVER : SANDAL JEPIT BUTUT JADI SANDAL CROCHET YANG CANTIK.



Sudah lama penasaran pengen bikin sepatu crochet sejak liat gambar-gambar sepatu boot dari rajutan yang super keren di pinterest. Tapi masih belum pede mengingat begitu banyak project crochet saya yang teronggok dan terabaikan dan terlupakan. Akhirnya saya putuskan bikin model sandal yang simpel saja. Dan bener deh gak nyesel saya buat sandal ini. Untuk standar saya cepet banget jadinya. Kira-kira 2 hari sudah selesai. Cuma butuh benang kurang dari segulung juga. Hasilnya lucu pula. Dan yang jelas super nyaman dipakai.  Cukup memuaskanlah sehingga membuat saya langsung kabur ke gudang nyari-nyari sandal jepit bekas yang bisa saya sulap jadi sepatu crochet yang unyu-unyu. Hehehee.. Pokoknya kalau nyari project crochet yang cepat, ekonomis dan hasilnya unyu project ini bisa jadi pilihan lah..


Ini dia jadinya..


Untuk bahan solnya saya pakai sandal jepit bekas. Yang penting solnya masih layak pakai. Kemudian saya gunting flip flopnya.


Nah, kemudian bagian pinggirnya saya jahit memutar dengan tusuk feston (bener kan ini namanya tusuk feston?). 



Masukkan benang pada bagian samping sandal,buat single crochet pada tusuk feston tadi sampai habis. 

Pada tingkat kedua, single crochet lagi selebar tali sandal yang diinginkan. Teruskan sampai panjang yang diinginkan. 

Sambung dengan join stitch, single crochet 3 kemudian rantai 3,double crochet. Lakukan sampai tingkat ini habis. 


Single crochet sampai bagian belakang sandal. Lanjutkan sampai membentuk trapesium pada bagian belakang. Tambahkan tali pada bagian samping. Nah, terus terang saya karena saya hanya bisa membaca diagram crochet jadi saya kesulitan juga menjelaskan dalam kata-kata. Nanti akan saya coba membuat diagramnya. Tapi pada dasarnya saya hanya menggunakan single crochet terus. Hehehhee.. Kalau bisa crochet dengan sedikit improvisasi pasti bisa juga ko karena ini sangat simpel.


Pasang kancing.



Buat bunga. Ini juga diagramnya menyusul ya.. Tapi ini juga cara membuat bunga yang paling gampang ko. Jahit pada lokasi yang diinginkan.

Jadi deh..


Saya tambahkan sederet kancing pada bagian sampingnya. Menurut saya sih lucu, tapi menurut mas suami ko aneh ya.. Hahahaha, bagaimana menurut anda??

Bagi saya, prosesnya fun banget. Saya sudah menyiapkan beberapa pasang sandal jepit butut beserta benangnya untuk bikin lagi. Kali ini saya membulatkan tekad mau bikin crochet boot sungguhan.. Hehehehe..

Selamat mencoba..



No comments:

Post a Comment